WELCOME TO MY BLOG IS THE VERY FUNNY <<<:SEMOGA BERMANFAAT BAGI ANDA SEKALIAN THANK YOU:>>>

Selasa, 01 November 2011

Pencegahan merupakan cara yang paling efektif
Konsep dasar mengenai keselamatan dan kesehatan kerja :
Dua hal terbesar yang menjadi penyebab kecelakaan kerja yaitu : perilaku yang
tidak aman dan kondisi lingkungan yang tidak aman, berdasarkan data dari
Biro Pelatihan Tenaga Kerja, penyebab kecelakaan yang pernah terjadi sampai
saat ini adalah diakibatkan oleh perilaku yang tidak aman sebagai berikut:
sembrono dan tidak hati – hati
tidak mematuhi peraturan
tidak mengikuti standar prosedur kerja
tidak memakai alat pelindung diri
kondisi badan yang lemah
Persentase penyebab kecelakaan kerja yaitu 3% dikarenakan sebab yang
tidak bisa dihindarkan (seperti bencana alam), selain itu 24% dikarenakan
lingkungan atau peralatan yang tidak memenuhi syarat dan 73% dikarenakan
perilaku yang tidak aman. Cara efektif untuk mencegah terjadinya kecelakaan
kerja adalah dengan menghindari terjadinya lima perilaku tidak aman yang telah
disebutkan di atas.
Tujuan pendidikan keselamatan dan kesehatan kerja adalah mencegah
terjadinya kecelakaan. Cara efektif untuk mencegah terjadinya kecelakaan, harus
diambil tindakan yang tepat terhadap tenaga kerja dan perlengkapan, agar tenaga
kerja memiliki konsep keselamatan dan kesehatan kerja demi mencegah
4
terjadinya kecelakaan.
Tujuan keselamatan dan
kesehatan kerja
Melindungi kesehatan tenaga kerja, meningkatkan
efisiensi kerja, mencegah terjadinya kecelakaan kerja
dan penyakit.
Berbagai arah
keselamatan dan kesehatan
kerja
Mengantisipasi keberadaan faktor penyebab
bahaya dan melakukan pencegahan sebelumnya.
Memahami jenis-jenis bahaya yang ada di tempat
kerja
Mengevaluasi tingkat bahaya di tempat kerja
Mengendalikan terjadinya bahaya atau komplikasi.
ALAT PERLINDUNGAN PERNAFASAN
Alat perlindungan pernafasan untuk melarikan diri dibuat hanya untuk digunakan dalam keadaan darurat, dan hanya untuk melarikan diri dari daerah yang berbahaya menuju daerah yang aman. Ada beberapa jenis alat perlindungan pernafasan untuk melarikan diri yang tersedia di pasar. Kebanyakan dari mereka berupa hood (kerudung yang menutupi seluruh kepala) dengan isolasi di leher. Biasanya digunakan untuk satu kali penggunaan dalam kurun waktu yang singkat, antara 15 menit sampai 1 jam. Individu yang memiliki leher yang kecil atau sangat lebar akan sangat mungkin mengalami kesulitan dalam penggunaan hood tersebut, periksalah produk supplier anda sebelum membelinya. 2. Masker partikel adalah yang termudah, termurah, dan terendah tingkat perlindungannya dari tipe-tipe alat perlindungan pernafasan yang ada. Alat perlindungan pernafasan ini hanya untuk melindungi dari partikel. Mereka tidak melindungi dari kimia, gas, ataupun uap, dan ditujukan hanya untuk tingkat bahaya yang rendah.
N-95” merupakan alat perlindungan pernafasan terhadap partikel yang umum dijumpai. Biasa digunakan di rumah sakit untuk melindungi dari infeksi bakteri. Alat perlindungan pernafasan terhadap partikel merupakan “alat perlindungan pernafasan yang memurnikan udara” karena membersihkan udara dari partikel saat kita bernafas. Meskipun kita tidak dapat melihat patikelnya, ada cukup banyak jumlah partikel di udara yang dapat di tangani oleh alat perlindungan pernafasan ini. 3. Masker gas/filter (cartridge) kimia. Masker gas juga dikenal sebagai “alat perlindungan pernafasan yang memurnikan udara” karena menyaring atau membersihkan gas kimia atau partikel yang mungkin ada dari udara yang kita hirup. Alat perlindungan pernafasan ini terdiri dari masker dan sebuah filter (jika filter ini berada di kerangka logam, disebut juga “canister”), tali yang mengencangkan masker ke kepala. Cartridge memiliki filter yang dapat menghilangkan partikel (seperti senjata kimia), karbon (untuk menghilangkan beberapa zat kimia), keduanya, ataupun bahan lain. Saat pengguna menghirup nafas, udara ditarik melewati filter. Masker gas hanya efektif jika digunakan dengan cartridge/filter yang sesuai dengan bahan kimia atau biologi tertentu. Pemilihan filter yang sesuai terkadang merupakan proses yang rumit. Ada filter yang dapat melindungi lebih dari 1 bahaya, namun tidak ada filter yang dapat mencakup semua bahaya. Kita perlu mengetahui bahaya yang akan dihadapi agar yakin saat memilih filter yang sesuai. 4. Alat perlindungan pernafasan bertenaga untuk memurnikan udara (Powered Air-purifying Respirator – PAPR). PAPR menggunakan kipas untuk mehisap udara melewati filter kepada pengguna. Mereka sangat mudah digunakan untuk bernafas dan dibutuhkan baterai yang penuh agar dapat berfungsi dengan baik. Mereka juga menggunakan filter yang sama seperti masker gas, sehingga kita perlu mengetahui apa bahaya yang mungkin terjadi dan seberapa banyak konsentrasinya di udara. 5. Alat perlindungan pernafasan yang berisi udara (Self –Containded Breathing Apparatus – SCBA) merupakan alat pernafasan yang biasa digunakan oleh pemadam kebakaran. Mereka menggunakan tanki udara tersendiri untuk mensuplai udara bersih, sehingga kita tidak perlu menghawatirkan mengenai filter. Mereka juga dapat melindungi dari bahaya kimia dengan konsentrasi yang sangat tinggi. Bagaimanapun juga, mereka sangat berat dan membutuhkan latihan khusus untuk menggunakan dan merawatnya. Tanki udara yang digunakan dapat bertahan selama 1 jam atau mungkin kurang, tergantung tingkat dan seberapa besar kita bernafas. Alat Pelindung Diri (APD Adalah kelengkapan yang wajib digunakan saat bekerja sesuai kebutuhan untuk menjaga keselamatan pekerja itu sendiri dan orang di sekelilingnya. Kewajiban itu sudah disepakati oleh pemerintah melalui Departement Tenaga Kerja Republik Indonesia.Adapun bentuk dari alat tersebut adalah :
Safety Helmet = Berfungsi sebagai pelindung kepala dari benda yang bisa mengenai kepala secara langsung.
Tali Keselamatan (safety belt) = Berfungsi sebagai alat pengaman ketika menggunakan alat transportasi ataupun peralatan lain yang serupa (mobil,pesawat, alat berat, dan lain-lain)
Sepatu Karet (sepatu boot) = Berfungsi sebagai alat pengaman saat bekerja di tempat yang becek ataupun berlumpur. Kebanyakan di lapisi dengan metal untuk melindungi kaki dari benda tajam atau berat, benda panas, cairan kimia, dsb.
Sepatu pelindung (safety shoes) = Seperti sepatu biasa, tapi dari bahan kulit dilapisi metal dengan sol dari karet tebal dan kuat. Berfungsi untuk mencegah kecelakaan fatal yang menimpa kaki karena tertimpa benda tajam atau berat, benda panas, cairan kimia, dsb.
Sarung Tangan = Berfungsi sebagai alat pelindung tangan pada saat bekerja di tempat atau situasi yang dapat mengakibatkan cedera tangan. Bahan dan bentuk sarung tangan di sesuaikan dengan fungsi masing-masing pekerjaan.
Tali Pengaman (Safety Harness) = Berfungsi sebagai pengaman saat bekerja di ketinggian. Diwajibkan menggunakan alat ini di ketinggian lebih dari 1,8 meter.
Penutup Telinga (Ear Plug / Ear Muff) = Berfungsi sebagai pelindung telinga pada saat bekerja di tempat yang bising.
Kaca Mata Pengaman (Safety Glasses) = Berfungsi sebagai pelindung mata ketika bekerja (misalnya mengelas).
Masker (Respirator) = Berfungsi sebagai penyaring udara yang dihirup saat bekerja di tempat dengan kualitas udara buruk (misal berdebu, beracun, dsb).
Pelindung wajah (Face Shield) = Berfungsi sebagai pelindung wajah dari percikan benda asing saat bekerja (misal pekerjaan menggerinda)
Jas Hujan (Rain Coat) = Berfungsi melindungi dari percikan air saat bekerja (misal bekerja pada waktu hujan atau sedang mencuci alat).
A Frying cofee
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/f/fc/Coffee_Roasting_Machine.JPG/220px-Coffee_Roasting_Machine.JPG
Kopi memanggang mengubah sifat kimia dan fisik dari biji kopi hijau ke panggang kopi produk. Proses pemanggangan adalah apa yang menghasilkan rasa khas kopi dengan menyebabkan biji kopi hijau untuk memperluas dan perubahan warna, rasa, bau kepadatan, dan. Kacang digongseng mengandung sejenis asam , protein , dan kafein sebagai orang-orang yang telah dipanggang, tetapi tidak memiliki rasa. Panas harus diterapkan untuk Maillard dan reaksi kimia lainnya untuk terjadi. Sebagai kopi hijau lebih stabil daripada panggang, proses pemanggangan cenderung mengambil tempat dekat dengan tempat itu akan dikonsumsi. Hal ini mengurangi waktu yang menghabiskan kopi panggang dalam distribusi, memberikan konsumen kehidupan rak lagi. Sebagian besar kopi dipanggang komersial dalam skala besar, tetapi beberapa peminum kopi panggang kopi di rumah dalam rangka untuk memiliki kontrol lebih atas profil kesegaran dan rasa kacang.
Proses
Proses pemanggangan kopi berikut pengolahan kopi dan mendahului menyeduh kopi . Itu pada dasarnya terdiri menyortir, pemanggangan, pendinginan, dan kemasan tetapi juga dapat mencakup rumah-rumah penggilingan di skala yang lebih besar pemanggangan. Dalam operasi yang lebih besar, kantong biji kopi hijau adalah tangan atau mesin dibuka, dibuang ke hopper , dan disaring untuk menghilangkan kotoran. Kacang hijau kemudian ditimbang dan ditransfer dengan conveyor belt atau pneumatik untuk hopper penyimpanan. Dari hopper penyimpanan, kacang hijau sangrai yang disampaikan kepada. Roasters biasanya beroperasi pada suhu antara 240-275 ° C (464-527 ° F), dan biji panggang untuk jangka waktu mulai dari 3 sampai 30 menit. [1] Awalnya, proses endotermik (menyerap panas), namun pada sekitar 175 ° C (347 ° F) menjadi eksoterm (memberikan dari panas). Untuk sangrai, ini berarti bahwa biji adalah pemanasan diri dan penyesuaian sumber panas sangrai yang mungkin diperlukan. Pada akhir siklus memanggang, panggang kacang dibuang dari ruang pemanggangan dan didinginkan dengan udara paksa. Kadang-kadang, dalam roaster komersial besar, biji kopi yang pertama dipadamkan dengan kabut air halus. Torrefacto adalah proses pemanggangan yang digunakan di Spanyol dan sebagian Amerika Latin melibatkan penambahan gula
Derajat panggang
Menggoreng kopi-kopi gunakan nama untuk berbagai tingkat panggang, seperti Panggang Panggang City dan Prancis, untuk suhu kacang internal yang ditemukan selama memanggang. Roastmasters biasanya lebih memilih untuk mengikuti "resep" atau "profil panggang" untuk menyoroti karakteristik rasa tertentu. Sejumlah faktor dapat membantu seseorang menentukan profil terbaik untuk menggunakan, seperti asal kopi, variasi, metode pengolahan, atau karakteristik rasa yang diinginkan. Profil panggang dapat disajikan sebagai grafik yang menunjukkan waktu pada satu sumbu dan suhu di sisi lain, yang dapat direkam secara manual atau menggunakan perangkat lunak komputer dan data logger terkait dengan probe suhu di dalam berbagai bagian sangrai tersebut.
Menentukan derajat panggang
untuk menilai warna kacang oleh mata (pengecualian untuk ini adalah menggunakan kolorimeter untuk mengukur reflektansi kopi bubuk di bawah sinar inframerah dan membandingkannya dengan standar seperti yang Agtron skala). Sebagai kacang menyerap panas, warna kuning dan bergeser ke kemudian ke warna gelap semakin coklat. Selama tahap akhir dari proses pemanggangan, minyak muncul di permukaan kacangKebanyakan pembakar menggunakan kombinasi suhu massa kacang, bau, warna, dan suara untuk memantau proses pemanggangan. Suara adalah indikator yang baik suhu kacang selama peamanggangan. Ada ambang batas suhu dua yang disebut "celah" yang roaster mendengarkan. Pada sekitar 205-207 ° C (401-405 ° F), kacang akan memancarkan suara retak seperti popcorn tidak ketika muncul, hanya jauh lebih tenang. Titik ini disebut "retak pertama," menandai awal dari daging panggang cahaya. Ketika biji sekitar 224-227 ° C (435-441 ° F), atau panggang media, mereka memancarkan "celah kedua." Ini adalah titik pemisah antara daging panggang menengah dan gelap.
B. Oven
Oven adalah ruang termal terisolasi digunakan untuk pemanasan , memanggang atau pengeringan dari substansi. Hal ini paling sering digunakan untuk memasak . Oven , dan tungku yang tujuan khusus oven. Yang pertama digunakan terutama untuk pembuatan gerabah dan yang kedua digunakan untuk penempaan .
Jenis-jenis oven
Oven Bumi : Sebuah oven bumi adalah lubang yang digali ke dalam tanah dan kemudian dipanaskan biasanya oleh batuan atau puing-puing membara. Historis ini telah terutama digunakan oleh banyak budaya untuk memasak. Waktu memasak biasanya panjang, dan proses ini biasanya memasak melalui pemanggangan lambat. Hal ini juga penting untuk dicatat bahwa oven bumi adalah diantara hal yang paling umum terlihat Arkeolog untuk pada penggalian antropologis, karena mereka adalah salah satu indikator utama peradaban manusia dan masyarakat statis.
Oven Keramik: keramik Oven adalah oven dibangun dari tanah liat atau bahan keramik lainnya dan mengambil banyak bentuk dalam berbagai budaya. Orang Indian menyebutnya sebagai tandoor , dan menggunakannya untuk memasak. Mereka dapat tanggal kembali sejauh 3000 SM sebagai mereka telah berpendapat untuk memiliki asal-usul mereka di Lembah Indus. oven Brick juga jenis keramik lain oven. Sebuah budaya yang paling menonjol untuk penggunaan oven batu bata Italia dan sejarah intim dengan pizza. Tapi sejarah bahkan melangkah lebih jauh dating kembali ke masa Romawi ketika oven batu bata itu digunakan tidak hanya untuk penggunaan komersial tetapi penggunaan rumah tangga juga.
Oven gas: Salah satu penggunaan yang tercatat pertama dari kompor gas dan oven direferensikan sebuah pesta makan malam pada tahun 1802 diselenggarakan oleh Winzler Zachaus di mana semua makanan disiapkan baik pada kompor gas atau dalam kompartemen oven nya. Pada tahun 1834, penemu asal Inggris James Sharp mulai memproduksi oven gas komersial setelah menginstal satu di rumahnya sendiri. Pada tahun 1851, Kompor Gas Terdaftar Bower dipamerkan di Pameran Besar. Kompor ini akan menetapkan standar dan dasar untuk oven gas modern. Perbaikan penting ke kompor gas sejak saat itu telah penambahan termostat oven yang membantu dalam pengaturan suhu, juga lapisan enamel ditambahkan untuk produksi kompor gas dan oven dalam rangka untuk membantu dengan pembersihan lebih mudah.
Masonry oven : oven Masonry terdiri dari ruang kue yang terbuat dari tahan api bata , beton , batu , atau tanah liat . Meskipun secara tradisional berbahan bakar kayu , batubara -dipecat oven yang umum di abad 19, oven batu modern sering dipecat dengan gas alam atau bahkan listrik . Oven batu modern yang terkait erat dengan rakyat roti dan pizza , namun di masa lalu mereka digunakan untuk setiap tugas yang melibatkan memasak kue.
Microwave oven : Sebuah oven yang menggunakan gelombang radiasi mikro sebagai sumber panas untuk memasak makanan sebagai lawan dari sumber api. Dikonseptualisasikan pada tahun 1946, Dr Perry Spencer diduga menemukan sifat pemanasan gelombang mikro selama belajar magnetron. Pada tahun 1947, microwave komersial pertama digunakan di Boston, Mass.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar